Satya Institute Bergabung dengan HESI Program Perserikatan Bangsa-Bangsa

Pekanbaru, 26 Juli 2023 — Institut Keberlanjutan Satya (Satya Institute for Sustainability) UIN Suska Riau menunjukkan komitmennya yang teguh terhadap pembangunan berkelanjutan dengan bergabung dalam Higher Education Sustainability Initiative (HESI) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Setelah disetujui sebagai anggota resmi, Satya kini memenuhi syarat untuk terlibat dalam berbagai kegiatan berorientasi keberlanjutan dan mengerjakan proyek-proyek signifikan di bawah naungan HESI.

HESI adalah kemitraan antara komunitas pendidikan tinggi dan beberapa entitas di PBB, yang mengakui institusi-institusi yang berdedikasi dalam mempromosikan praktik-praktik berkelanjutan dan mendorong masa depan yang lebih baik bagi komunitas global.

Direktur Satya, Fauzan Ansyari, MSc., PhD., menyatakan kegembiraannya atas pencapaian ini. “Pencapaian ini tidak hanya mengukuhkan posisi Satya sebagai pelaku aktif dalam bidang keberlanjutan, tetapi juga menempatkan Satya di panggung internasional sebagai entitas penting dalam membentuk dunia yang berkelanjutan bagi generasi mendatang,” ujarnya.

Institut Keberlanjutan Satya berkontribusi dalam mewujudkan dunia yang berkelanjutan, damai, dan makmur, baik sekarang maupun di masa depan. Satya berfokus pada delapan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB, termasuk pengentasan kelaparan, promosi kesehatan dan kesejahteraan, pendidikan berkualitas, dan energi bersih. Selain itu, Satya juga mengupayakan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi, aksi-aksi iklim, kedamaian dan keadilan, serta kerjasama untuk pencapaian tujuan.

Untuk melaksanakan misi tersebut, Satya melakukan penelitian, konsultansi, dan pelatihan. Saat ini, Satya dibina oleh tujuh pakar dengan reputasi internasional.

Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Prof. Dr. Khairunnas, M.Ag., menyambut gembira bergabungnya Satya ke dalam HESI. “Kami percaya bahwa UIN Suska Riau telah dan akan memainkan peran penting dalam mendorong perubahan positif di dalam masyarakat. Sebagai bagian dari HESI, terbuka banyak peluang bagi Satya untuk berkontribusi lebih besar dalam mewujudkan UIN Suska Riau yang gemilang dan terbilang,” ungkapnya.

Sebagai anggota HESI, Satya memiliki keistimewaan untuk berkolaborasi dengan institusi-institusi se-visi, berpartisipasi dalam berbagai platform pengetahuan, dan berkontribusi pada proyek-proyek unggulan di bawah HESI.

Penulis: Kunaifi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *