Satya Institute dan Bappenas RI Jalin Kemitraan Strategis untuk Percepat Pencapaian SDGs 2030

Pekanbaru, 02 August 2023 – Institut Keberlanjutan Satya (Satya Institute for Sustainability) UIN Suska Riau dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (BAPPENAS RI) telah resmi menjalin kemitraan strategis untuk mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.

Kemitraan ini menunjukkan komitmen UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau melalui Satya Institute dalam memainkan peran aktif dalam kolaborasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Kerjasama ini bertujuan untuk mempercepat realisasi 17 TPB yang terbagi dalam empat pilar utama: pembangunan sosial, ekonomi, lingkungan, serta hukum dan tata kelola.

Dalam diskusi mengenai strategi pencapaian TPB di Sekretariat Nasional SDGs, Direktur Satya Institute menyatakan bahwa lembaganya melakukan riset interdisiplin untuk memahami kompleksitas pencapaian TPB. Riset ini melibatkan peneliti dari berbagai disiplin ilmu dan perguruan tinggi, baik di dalam maupun luar negeri.

“Satya Institute juga berperan dalam mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, keterampilan, serta sikap keberlanjutan, guna mendorong praktik berkelanjutan secara individu dan kolektif,” ujarnya.

Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. Khairunnas Rajab, menyampaikan apresiasi kepada Sekretariat Nasional TPB Bappenas atas dukungannya. “Kami telah memulai berbagai kegiatan, termasuk partisipasi aktif dalam program ramah lingkungan dan pemanfaatan energi terbarukan, dengan prestasi di bidang penyiapan tenaga ahli kelistrikan, khususnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Prof. Khairunnas menjelaskan keterlibatan mahasiswa dan dosen dalam proyek pendirian PLTS Atap di Wonorejo, Jawa Tengah. Menurutnya, ini merupakan langkah konkret dalam mendukung TPB. Dr. Rachman Kurniawan, Manajer Pilar Lingkungan, menyambut baik usaha UIN Suska Riau dalam membantu akselerasi TPB. Ia menyatakan bahwa Satya Institute merupakan salah satu dari tiga mitra strategis Bappenas di lingkungan pendidikan tinggi Islam di Indonesia dan bagian dari SDGs Hub perguruan tinggi di BAPPENAS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *